Blackberry Tidak di Blokir – RIM Memenuhi Persyaratan

Beberapa hari ini Blackberry menjadi topik perbincangan yang hangat di dunia maya/nyata. Bagaimana tidak, sejumlah orang (pengguna BB) mulai resah bila layanan Blackberry akan segera di blokir. Mereka yang sudah betah dengan BB mungkin sudah enggan untuk hengkang dan meninggalkan BB sebagai mobilitas yang menjadi Trend saat ini dan terbilang cukup canggih. Apalagi layanan BBM (Blackberry Messeger) adalah layanan yang paling popoler dan paling sering digunakan oleh pengguna BB untuk bersosialisasi dan berinteraksi sesama pengguna BB, yang rencananya layanan ini juga akan segera di blokir, mmhh…jadi semakin resah neh!

Mengapa layanan Blackberry di Blokir?

Mungkin pengguna BB akan bertanya-tanya mengapa layanan BB akan segera di blokir. Hal utama yang menjadi alasan mengapa layanan BB yang di produksi oleh perusahaan RIM (Reseach In slow-Motion) ini akan segera di blokir adalah karna tidak adanya Server RIM di Indonesia. Dengan tidak adanya server RIM di Indonesia dipastikan bahwa tidak adanya perlindungan konsumen terhadap segala macam bentuk kejahatan yang memanfaatkan BB sebagai medianya. Jadi demi memenuhi keamanan dan perlindungan terhadap konsumen, maka menkominfo meminta RIM untuk membangun server di Indonesia, bila tidak disanggupi maka layanan BB akan segera di blokir.

Inilah 8 Ultimatum yang di berikan oleh Menkominfo kepada RIM

Selain tidak adanya server RIM di Indonesia, ada persyaratan lain yang diberikan oleh menkominfo (Tifatul Sembiring) agar layanan Blackberry tidak di blokir, diantaranya:

  1. RIM agar menghormati dan mematuhi Peraturan perundangan yg berlaku di Indonesia, terkait dg UU 36/1999, UU 11/2008 & UU 44/2008
  2. RIM agar membuka perwakilan di Indonesia, karena pelanggan RIM di Indonesia untuk Blackberry sudah lebih dari 2 juta.
  3. RIM agar membuka service center di Indonesia untuk melayani dan mudahkan pelanggan mereka yang juga WNI.
  4. RIM agar merekrut dan menyerap tenaga kerja Indonesia secara layak dan proporsional.
  5. RIM agar sebanyak mungkin menggunakan konten lokal Indonesia, khususnya mengenai software.
  6. RIM agar memasang software blocking terhadap situs-situs porno, sebagaimana operator lain sudah mematuhinya.
  7. RIM agar bangun server/repeater di Indonesia, agar aparat hukum dapat melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan termasuk koruptor.
  8. Sejauh ini terkesan RIM meng-ulur-ulur waktu untuk menjalankan komitmen mereka. Apakah kita sebagai bangsa mau diperlakukan spt itu

Blackberry Tidak di Blokir – RIM Memenuhi Persyaratan

Melihat pasar Blackberry yang begitu besar di Indonesia (+2 juta pengguna) akhirnya setelah mengulur-ulur waktu tentang persyaratan yang diajukan oleh menkominfo terhadap layanan Blackberry, pihak RIM menyetujui semua persyaratan yang dimaksud. RIM akan memenuhi persyaratan pada hari senin, tanggal 17 Januari 2011 mendatang. Jadi, bila persyaratan ini sudah dipenuhi bisa dipastikan bahwa pengguna layanan BB akan merasa tenang dan akan tetap dapat menikmati layanan Blackberry seperti biasanya atau bahkan lebih baik.

Oke..kita tunggu saja perkembangan terbarunya, semoga saya RIM bisa memenuhi janjinya itu.

 

Sumber : http://www.vellimarwan.com/blackberry-tidak-di-blokir-rim-memenuhi-persyaratan/

Advertisements

2 comments on “Blackberry Tidak di Blokir – RIM Memenuhi Persyaratan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s