Sony Vaio Z Kokoh di Luar, Powerful di Dalam

Sony Vaio Z Series
Sekilas pandang, mungkin akan susah untuk menceritakan langsung ‘komponen mahal’ dari Vaio Z yang berukuran 13 inci ini. Karena, mengutip ucapan seorang teman, ”desainnya kok tidak ada beda dengan model-model Vaio yang sebelumnya?”.
Kalaupun kita membuka situs Sony Indonesia dan membandingkan VPC-Z115GG dengan model-model sebelumnya, tetap akan sulit untuk dicari bedanya secara signifikan. Ini karena Vaio memang sangat strict soal desain produk high-end mereka.

Desain konvensional tetap dipertahankan karena targetnya jelas; para eksekutif dan pebisnis. Hingga kini, desain itulah yang sukses membawa Vaio sebagai salah satu produsen laptop high end terbaik. Untuk mengenali beda VPCZ115GG, dibutuhkan sedikit kecermatan. Tidak seperti dua kakaknya, VPC-Z116GG dan VPCZ117GG yang berukuran lebih besar, varian ini dirilis dalam ukuran yang terbilang kompak, Full HD Display (13,1 inci wide). Dengan berat 1.42 kg (seringan netbook) jelas sekali VPC-Z115GG lebih unggul dalam hal mobilitas (tidak merepotkan saat dibawa di backpack). Cermati juga pemilihan bahannya.

VPC-Z115GG diukir dari bahan karbon di kover bagian atas, serta alumunium tunggal (unibody) di palm rest. Bahan inilah yang membuat sangat ringan, tapi tetap memiliki durabilitas atau ketahanan yang tinggi. Keyboard backlight dengan dukungan Ambient Light Sensor melengkapi kibornya. Bagaimana dengan jeroannya? Nah, ini salah satu ‘faktor mahal’ yang disebutkan tadi. VPCZ115GG menggunakan NVIDIA GeForce GT 330M GPU with CUDA Technology. Di dalamnya, dibenamkan Dynamic Hybrid Graphics System agar lebih hemat. Mudah kok, tombolnya ada di bawah layar, tinggal diklik untuk mengaktifkannya.

Prosesornya sendiri menggunakan Intel Core i5-540M Processor 2,53 GHz.Setingkat di bawah Intel Core i7, i5-540M dikombinasikan dengan RAM 4 GB DDR3,jelas mumpuni saat diajak ‘bermain’ dengan aplikasi berat seperti Adobe Photoshop CS3, Adobe Premiere maupun game-game berat. Dengan tiga portUSB untuk kemudahan mentransfer data,VPCZ115GG dilengkapi dengan kapasitas simpan data sebesar 500 GB (Serial ATA, 7200 rpm). Kapasitas simpan seperti lebih dari cukup untuk menyimpan semua data penting pengguna, baik itu file film, musik, gambar, game, aplikasi, dan lainnya. Dibenamkan juga DVD player yang memungkinkan pengguna memutar film ataupun CD lagu.

Vaio Z bekerja dalam sistem operasi Windows 7 Professional 64- bit agar lebih cepat dalam membuka atau me-loadaplikasi. Sepekan bersama Vaio Z membuat merasakan gaya hidup para eksekutif yang nyaris tanpa hambatan. Desain ekslusif, simpel, dan mewah, fitur yang nyaris membuat laptop dapat melakukan apa saja, kapasitas HDD besar, ringan dibawa, serta bodi yang kokoh. Semua itu mampu dipenuhi oleh Vaio Z.

Dan jika semua keinginan penunjang pekerjaan bisa digenggam dan dimiliki, rasanya mengeluarkan uang Rp20 juta rasanya tidak jadi masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s