Windows 7, Teknologi Multitouch Pertama

foto berita artikel

Sistem operasi yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) telah menjadi titik awal munculnya teknologi touch screen yang dapat diaplikasikan di komputer. Windows 7, sistem operasi pengganti Vista sekaligus sistem operasi pertama yang memperkenalkan teknologi multitouch screen dari Microsoft’s Surface tabletop computer. Windows 7 ini sekaligus akan membuat user lebih mudah menjelajah tanpa perlu menggunakan mouse. Sebuah video yang mendemonstrasikan penggunaan kemampuan multitouch Windows 7 dapat dilihat pada blog Microsoft.

Kemampuan software multitouch Windows 7  ditunjukkan dengan sebuah aplikasi baru, Touchable Paint, yang hanya dengan menggunakan 10 jari, user dapat bebas melukis gambar pada layar. Untuk manipulasi foto, hanya dengan dua jari user dapat memperbesar dan memperkecil foto, bahkan membuatnya seperti slideshow. Untuk pencarian peta user dapat menggunakan Windows Live Local dan Microsoft Virtual Earth yang mampu menampilkan arah dan jalan dimanapun berada.

Rencananya, pihak Micosoft akan meluncurkan Windows 7 pada akhir Januari 2010, berdasarkan hasil pembicaraan antara Microsoft CEO Steve Ballmer dan Chairman Bill Gates dalm konferensi ‘All Things Digital’ beberapa hari yang lalu. Hal ini merupakan jawaban atas isu yang beredar bahwa Gates akan meluncurkan sistem operasi Windows 7 pada akhir tahun 2009 atau tiga tahun setelah sistem operasi Vista muncul. Windows 7 untuk versi client akan menggunakan versi 32 bit dan 64 bit, sedangkan untuk bagian server, Windows server 7, kini sedang dikembangkan lebih lanjut. Untuk fitur-fitur seperti desain User Interface yang ada di Windows 7 hingga kini belum final dan masih menjadi rahasia pihak Microsoft. Pihak Microsoft menekankan, Windows 7 akan bekerja lebih baik dibandingkan Windows Vista, lebih hemat memori dan daya, efisien, dan  punya lebih banyak koneksi ke ponsel.

Advertisements
By Ryoga Posted in 1

One comment on “Windows 7, Teknologi Multitouch Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s