Qualcomm vs Intel

Qualcomm mempunyai Snapdragon, sedangkan Intel mempunyai Atom dan Moresstown. Dimana masing-masing chips itu dapat bekerja terus-menerus, memaksakan chip cocok untuk peralatan dan pasar komputer ultralight.

Semua chip itu menargetkan untuk perlengkapan internet mobile, seperti iPhone Apple, dan ultralight (mempunyai berat kurang dari 3 pounds) notebooks, seperti Asus Eee PC. Snapdragon dan Moorestown bertujuan digunakan untuk smartphone high-end.

Atom tersedia sekarang. Untuk Intel, ini merupakan chip yang berdaya rendah, dengan kebanggan akan kemampuan tahan panas dari sumber yang berdaya 2 watt sampai 35 watt untuk keseluruhan chip intel Core 2 untuk laptop.

Atom, bagaimaanapun, bukanlah penggabungan yang baik. Grapik, audio, kontrol dari memory, dan silikon komunikasi merupakan penggabungan dari beberapa chipset.

Yang paling penting, Atom berjalan pada beberapa software dan aplikasi pada web seperti pada chip arsitektur Intel x86 lainya. Ini merupakan penjualan terbesar untuk Atom (atau untuk chip intel pada umumnya), berdasarkan pihak Intel.

Tetapi Atom bukanlah yang tercepat. High-end Atom prosesor (1.6GHz) lebih atau kurang pada tingkat prosesor Celeron low-end. Celeron merupakan intel low-end line dari prosessor) dan Intel mencatat bahwa Atom mempunyai performa yang sama untuk circa 2003-2004 Pentium mobile chips.

Kurang lebih diketahui tentang Intel Moorestown, mulai tahun 2009 atau 2010. Ini sudah diketahui: bahwa ini akan menjadi penggabungan yang handal, membawa lebih dalam dengan desain silicon untuk pasaran smartphone ini merupakan target dari Moorestown. Ini akan menjadi SOC (system on a chip) dan tergabung dengan komponen seperti memory controller dan grafik, tambahan kecepatan komunikasi diantara perangkat yang krusial. Dan seperti Atom, ini akan berjalan pada semua software yang terkenal dan juga pada PC jaman sekarang.

Memasuki Qualcomm dan Snapdragon (aka Qualcomm QSD8250 dan QSD8650), dimana target pada high-end smartphone dan perangkat Internet mobile.

Yang menjadi kunci perbedaan diantara Snapdragon dan Atom adalah kekuatan dan integritas. Qualcomm karena ini berdasarkan latar belakang dari pasaran baterai handphone dimana integeritas dan low-power merupakan tujuan utama, seperti memaketkan banyak fitur di satu tempat dari silikon yang memerlukan sedikit daya dan baterai yang tahan lama. Sebagai perbandingan hasil dari integeritas dan baterai yang tahan lama dalam perangkat kecil yang Intel tidak pikirkan pada masa lalu.

Fitur utama: Snapdragon beroperasi dibawah daya 0.5 watt, berdasarkan set intruksi terbaru ARM V7, berjalan pada kecepatan 1GHZ, dan terintegrasi pada hampir semua termasuk prosesor, GPS, ATI grapik, multimedia, dan 3G modem, semua pada satu potongan 15mmx15mm silikon.

San Diego merupakan perusahaan yang menjual Snapdragon untuk pelanggan, dimana akan memasarkan produk ini pada pertengahan tahun 2009. HTC dan Samsung telah mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan prodak yang menyertakan Snapdragon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s